Apple dan Google Hadirkan Gemini di iOS 18

JAKARTA, APACERITA — Pada ajang WWDC 2024, Apple resmi memperkenalkan Apple Intelligence, sebuah rangkaian fitur kecerdasan buatan (AI) terbaru yang akan diintegrasikan dalam sistem operasi mereka, termasuk iOS, iPadOS, macOS, dan watchOS. Langkah ini menandai komitmen Apple untuk meningkatkan pengalaman pengguna melalui teknologi AI.

Apple Intelligence menawarkan sejumlah fitur menarik, seperti pengeditan foto yang lebih canggih, kontrol Siri yang lebih luas, dan kemampuan AI untuk membuat respons otomatis di berbagai aplikasi. Fitur-fitur ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah signifikan bagi pengguna produk Apple.

Selain itu, rumor mengenai kerjasama Apple dengan Google untuk menghadirkan Gemini di iOS 18 semakin kuat. Menurut laporan dari Mark Gurman di Bloomberg sebagaimana dikutip dari The Verge, Selasa (2/7/2024), Apple akan segera mengumumkan kolaborasi ini. Kolaborasi dengan Google Gemini ini mengikuti langkah Apple yang sebelumnya sudah menyediakan akses ke ChatGPT di Siri.

Kehadiran AI di iOS 18 tidak hanya terbatas pada chatbot, tetapi juga mencakup Apple Intelligence yang diharapkan dapat meningkatkan daya tarik produk Apple di pasaran. Namun, fitur ini hanya dapat dinikmati oleh pengguna iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, yang dilengkapi dengan chip A17 Pro.

Batasan ini menimbulkan kontroversi di kalangan netizen, yang menilai langkah tersebut sebagai strategi Apple untuk mendorong pembaruan ke perangkat terbaru. Namun, John Giannandrea, SVP of Machine Learning dan AI Strategy Apple, menegaskan bahwa keputusan ini didasarkan pada kebutuhan komputasi yang tinggi untuk menjalankan model AI.

Di sisi lain, Apple Intelligence juga akan hadir di perangkat iPad dan Mac yang menggunakan chip M1 atau lebih baru. Inisiatif ini menunjukkan ambisi Apple untuk mengintegrasikan AI lebih dalam ke ekosistem mereka, dengan harapan dapat meningkatkan penjualan dan daya saing produk mereka.

Dengan berbagai fitur AI canggih seperti penghapusan objek di foto, kontrol Siri yang lebih luas, pembuatan emoji khusus, hingga peningkatan otomatis di Xcode, Apple Intelligence siap memberikan pengalaman baru yang lebih cerdas dan efisien bagi pengguna Apple. Langkah ini tidak hanya memperkuat posisi Apple di pasar teknologi, tetapi juga membuka peluang baru dalam pemanfaatan AI di kehidupan sehari-hari. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *