Hari Ketiga Pendaftaran Panwaslu se-Kecamatan Kota Medan, 217 Berkas Pendaftar Dinyatakan Lengkap

Ketua Bawaslu Medan Payung Harahap. (Foto/Apacerita

Medan – Hingga hari ketiga pendaftaran calon anggota Panwaslu Kecamatan se Kota Medan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Medan masih diserbu pendaftar. Hingga kini, tercatat 217 berkas pendaftar dinyatakan telah lengkap, Jumat (23/9/2022).

“Yang kita terima yang lengkap itu 217, dimana jumlah laki-laki 156 dan jumlah perempuan 61,” ungkap Ketua Bawaslu Kota Medan, Payung Harahap SE MM kepada wartawan.

Hingga kini, kata Payung, Kecamatan Medan Perjuangan dan Medan Helvetia menjadi kecamatan yang paling banyak pelamar.

Kemudian, lanjutnya, hingga kini pihaknya belum menemui kendala berarti. Hanya saja, kata dia, kendala yang sering muncul yakni dari pendaftar tidak mengecek terlebih dahulu apakah terdaftar di partai politik atau tidak melalui sipol.

“Kalau ditemukan hal seperti itu, hasil rapat kita dengan Kordiv SDM Bawaslu Provinsi (Sumut), bahwa kita akan memastikan terlebih dahulu apakah dia melakukan keberatan atau tidak. Kalau ini tidak dilakukan, maka ini menjadi catatan bagi kami pada saat nanti verifikasi berkas,” jelas Payung.

Menurut Payung, pendaftaran Panwaslu se Kecamatan terakhir akan ditutup pada tanggal 27 September 2022, hingga pukul 15.00 Wib.

“Tapi nanti kita akan mengupayakan semaksimal mungkin, sesuai jumlah pendaftar akan datang pada hari itu aja,” katanya.

Namun, kata dia, perpanjangan akan dilakukan jika ditemukan tidak memenuhi dua kali kebutuhan di setiap kecamatan.

“Dan perempuan juga, apabila keterwakilan perempuan tidak memenuhi 30 persen dari pendaftar. Artinya setiap kecamatan itu harus ada dua perempuan,” pungkas Payung. (nz)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *