Meriahkan Hari Pers Nasional, Forwakum Sumut dan Kejari Medan Gelar Penyuluhan Hukum dan Jurnalistik di SMAN 8 Medan 

Menyambut Hari Pers Nasional, Forwakum Sumut dan Kejari Medan menggelar penyuluhan hukum di SMA Negeri 8 Medan, Jumat (3/2/2023). (Foto/dok)

Medan, apacerita.idMemeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2023, Forum Wartawan Hukum (Forwakum) Sumatera Utara (Sumut) bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan menggelar seminar jurnalistik dan penyuluhan hukum di SMAN 8 Medan, Jumat (3/2/2023).

Seminar jurnalistik dan penyuluhan hukum yang digelar di Aula SMAN 8 Medan, Jalan Sampali Nomor 23, Kelurahan Pandau Hulu II, Kecamatan Medan Area, Kota Medan itu bertemakan “Bijak Dalam Bermedia Sosial”.

Bacaan Lainnya

Dalam acara tersebut, Tuah Armadi Tarigan selaku Penasehat Forwakum Sumut yang menjadi narasumber menyampaikan, derasnya dunia digital membuat tantangan di dunia jurnalis semakin berat. 

“Namun yakin lah, produk medsos itu bukanlah produk jurnalistik. Sehingga hati-hati dan bijak bermedsos. Sebab, kalau bermasalah hukum (postingan) urusannya ke pihak yang berwajib yakni kepolisian dan kejaksaan,” tegas Armadi pria yang kerap disapa Opung yang juga merupakan alumni SMAN 8 Medan itu.

Hal Senada juga dikatakan Kasubsi A bidang Intelijen Kejari Medan Pantun Marojahan Simbolon SH melalui Asepte Gaulle Ginting SH MH selaku Jaksa Fungsional Kejari Medan, meminta kepada pelajar untuk bijak menggunakan medsos dikarenakan dampak dari tulisan atau postingan bisa mengakibatkan permasalahan hukum.

“Untuk itu hindari tulisan atau postingan yang mengandung Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA), bullying dan lainnya. Karena dapat memunculkan masalah hukum yang pada akhirnya diminta pertanggungjawaban pidananya,” urai Asep. 

Ditempat yang sama, Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdis) Medan Selatan, Drs. Zuhri Bintang MAP sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar Forwakum Sumut dan Kejari Medan.

“Kegiatan ini sangat berdampak baik untuk meminimalisir masalah kenakalan remaja. Kami dari Dinas Pendidikan Sumut, sangat mengapresiasi,” sebutnya 

Mudah-mudahan, sambungnya, kegiatan hari ini, akan membuahkan hasil positif dan bermanfaat buat para anak didik semua. 

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, ini yang saya tunggu-tunggu. Terkait dengan masalah kenakalan remaja, tawuran, narkoba, dan masalah penggunaan medsos,” sambungnya.

Ditambahkan Kepala SMAN 8 Medan, Dra. Rosmaida Asianna Purba, M.Si mengucapkan terima kasih kepada Forwakum Sumut dan Kejari Medan.

“Kegiatan seminar jurnalistik dan penyuluhan hukum di lingkungan sekolahan tersebut, sangat berdampak positif bagi para siswa-siswi yang ada di SMAN 8 Medan,” katanya.

Dirinya juga berharap, agar pengetahuan yang didapat dari seminar tersebut, dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga anak-anak kami ini dapat mengimplementasikan di dalam kehidupannya sehari-hari. Hiduplah Hari Pers Nasional 2023,” tutup Rosmaida.

Sementara itu, Ketua Forum Wartawan Hukum (Forwakum) Sumut, Aris Rinaldi Nasution SH menambahkan, pengetahuan tentang hukum jurnalistik dan bijak bermedsos sangat penting dimiliki generasi muda khususnya sejak di bangku sekolah.

“Ketika generasi muda bisa menggunakan media sosial dengan bijak, tentu kecanggihan teknologi khususnya menyangkut dunia digital informasi saat ini bisa lebih dimaksimalkan ke arah yang positif. Contohnya saja era dunia digital ini menjadi ruang eksplorasi dan inovasi baru bagi generasi muda menggapai cita-cita yang nantinya bisa memajukan bangsa,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan seminar jurnalistik dan penyuluhan hukum di SMAN 8 Medan itu yakni Ketua Forwakum Sumut Aris Rinaldi Nasution didampingi Sekretaris Ansah Tarigan beserta para pengurus, Camat Medan Area Irfan Arsadi Siregar, Lurah Pandau Hulu II Rizky Hari Adam Lubis dan para guru beserta para siswa-siswi SMAN 8 Medan. (nz)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *