NasDem Sumut Buka Pendaftaran Bacaleg untuk Pemilu 2024

Ketua DPW Nasdem Sumatera Utara, Iskandar ST saat memberikan keterangan didampingi Ketua Bappilu Salman Ginting dan Ketua OKK HT Milwan, di Kantor DPW NasDem Sumut, Jalan HM Yamin Medan, Jumat (30/9/2022). (Foto/Apacerita)

Medan – Partai NasDem telah membuka pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) untuk mereka usung pada Pemilu 2024. Pendaftaran akan dibuka sejak 1 Oktober 2022 dan akan ditutup 30 Desember 2022. Pendaftaran bacaleg ini sebagai bagian dari program ‘NasDem Memanggil’.

“Lewat program NasDem Memanggil ini, kami memanggil putra-putri terbaik bangsa untuk menjadi bakal calon legislatif untuk tingkat DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota di Sumatera Utara,” kata Ketua DPW Nasdem Sumatera Utara, Iskandar ST saat memberikan keterangan didampingi Ketua Bappilu Salman Ginting dan Ketua OKK HT Milwan, di Kantor DPW NasDem Sumut, Jalan HM Yamin Medan, Jumat (30/9/2022).

Iskandar mengatakan, masa pendaftaran ini mereka lakukan secara serentak pada tiga tingkatan yakni di tingkat DPP, DPW maupun DPD kabupaten/kota. Pembukaan pendaftaran pada tiga tingkatan itu sendiri menurutnya menjadi salah satu upaya untuk mengantisipasi jika ada halangan untuk mendaftar di tingkat DPD.

“Misalnya, kalau pendaftaran di tingkat DPD sulit dilakukannya maka dia bisa mendaftar ke DPW begitu juga selanjutnya bisa mendaftar ke DPP. Tapi saya pastikan, berbagai masalah pendaftaran juga akan selesai ditingkat DPD, jadi tak usah ke DPW maupun DPP,” ungkapnya.

Sebenarnya kata Iskandar, langkah penjaringan ini sudah mereka lakukan sejak 2 tahun lalu. Hasilnya, mereka sudah memiliki formasi hingga 70%.

“Lantas mengapa dibuka lagi? Ini untuk kembali memaksimalkan potensi yang ada dari yang 70 persen ini. Artinya ini untuk mencari yang terbaik dari yang terbaik,” ungkapnya.

Ditegaskan Iskandar, bahwa seluruh proses ini tetap dilakukan dengan memegang prinsip tanpa mahar. Artinya siapa saja yang mendaftar tidak akan dikenakan biaya apapun. “Bahkan kalau sudah memenuhi kriteria dan mendaftar ke KPU nantinya, uang untuk beli materainya pun kita yang menyediakan,” pungkasnya.

Salman Ginting menambahkan, setelah penjaringan, diteruskan dengan penyaringan pada Januari-Maret. Target NasDem adalah meraih 20% kursi dari setiap dapil. Dengan memaksimalkan pileg, NasDem berharap mereka bisa jadi pemenang di setiap Pilkada. (nz)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *