Tujuh dari 11 Anak di Sumut Meninggal Dunia Diduga Karena Gagal Ginjal Akut

Ilustrasi Gagal Ginjal Akut. (Foto/ist)

apacerita.id, Medan – Tujuh dari 11 anak yang saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit di Sumut meninggal dunia. Hal itu dikarenakan karena menderita gagal ginjal akut misterius.

“Jadi, ada 11 anak yang gagal ginjal akut. Dari catatan kita tujuh orang dirawat di RSUP H Adam Malik Medan. Sedangkan empat anak lainnya dirawat di rumah sakit lain di Medan,” kata Kadis Kesehatan Sumut, drg Ismail Lubis MM, Selasa (18/10/2022).

Bacaan Lainnya

Ismail menyebutkan pihaknya akan melakukan penyelidikan epidemiologi (PE) untuk mengetahui penyebab terjadinya gagal ginjal akut misterius pada anak-anak tersebut. Namun dari laporan sementara, anak anak tersebut sakit dan meminum obat.

“Anak yang meninggal usia 0-6 tahun. Di Adam Malik ada enam yang meninggal. Tadi ada satu orang lagi yang meninggal di rumah sakit lain. Kami akan melakukan survei PE untuk mengetahui penyebab anak meninggal. Kita nggak tahu penyebabnya, tapi yang dilaporkan kita itu karena mereka minum obat,” ujarnya.

Ismail mengimbau agar orangtua tidak sembarangan memberi anaknya obat ketika sakit, namun langsung membawa terlebih dahulu ke pelayanan kesehatan.

“Supaya kalau ada anak sakit saya mengimbau agar kalau ada anak sakit jgn konsumsi obat sembarangan. Harus dari petugas kesehatan. Ini juga sesuai dengan imbauan pak gubernur agar ketika ada anak sakit segera dibawa ke pelayanan kesehatan,” pungkasnya. (nz)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *